Mobil Mini 4 WD merupakan mobil balap mainan dengan skala 1:32 yang terbuat dari bahan plastik,
menggunakan sumber energi dari 2 buah baterai AA dan menggunakan motor listrik
DC sebagai penggeraknya . Mobil balap mainan Mini 4WD ini berjalan tanpa
dikendalikan oleh remote control pada lintasan khusus, oleh karena itu pada
sisi mobil Mini 4WD dilengkapi dengan roler untuk menjaga mini 4WD agar tidak keluar lintasan dan untuk memperlancar jalannya mobil mini 4WD di lintasan. Contoh Mini 4WD yang
ada dipasaran dapat dilihat pada gambar mini 4WD berikut.
Contoh Bentuk Mini 4WD
Sejarah Mini 4WD
Mini 4WD pertama kali dibuat oleh perusahaan jepang Tamiya pada
tahun 1982 dengan berbagai tipe mobil balap mainan. Sejak saat itu mobil balap
mainan (Mini 4WD) ini berkembang ke seluruh dunia dan menjadi hobby bagi
masyarakat di dunia, oleh karena itu mobil balap mainan mini 4WD ini sering
juga disebut dengan istilah “TAMIYA”.
Selain Tamiya ada beberapa perusahaan lain yang ikut memproduksi
mobil balap mainan mini 4WD seperti Tokyo Marui, Kyosho, Academy, Auldey,
Okamy, Gokey, HJH, Twink, AA dan Aoda. Dengan banyaknya perusahaan yang ikut
memproduksi mobil mini 4WD ini maka semakin banyak merk yang beredar di
pasaran. Kebanyakan dari produksi perusahaan-perusahaan selain tamya ini adalah
membuat replika dari mini 4WD buatan TAMIYA. Replika atau cloning mobi mini 4WD
buatan perusahaan selain Tamiya ini menjadi alternatif pilihan bagi para Hobies
mini 4WD karena harga yang jauh lebih terjangkau dari mini 4WD dengan merk
Tamiya. Terutama bagi para penggemar mini 4WD dari Philipina, Indonesia,
Malaysia, Itali dan Hongkong.
Untuk menambah popularitas mobil balap mainan mini 4WD ini Tamiya
membuat film animasi tentang mobil mini 4WD melalui perusahaan film dijepang
untuk ditayangkan di televisi. Yang pertama film tentang mini 4WD ini adalah
Dash Yonkuro pada tahun 1989 oleh Zaurus Tokuda, kemudian Bakusō Kyōdai Let’s
& Go!! pada tahun 1996 dilanjutkan dengan Bakusou Kyoudai Let’s & Go
WGP dilanjutkan lagi dengan film Bakusou Kyoudai Let’s & Go MAX dan film
terakhir adalah Let’s & Go!! Tamiya.
Sejak 1997 mobil balap mainan mini 4WD ini tersedia di USA dan
beberapa toko mainan memasang track untuk mini 4WD. Dimulai dengan balapan mini
4WD oleh Tamiya untuk tipe Super, Fully Cowled, Aero dan Mighty. Kemudian
Tamiya menghentikan produksi mini 4WD tipe tersebut seiring dengan film Let’s
& Go! Max karena model yang statis atau tidak ada perkembangan. Untuk tetap
mejaga kelangsungan event “Great Japan Cup” yang sempat terhenti pada tahun
1999, maka Tamiya memperkenalkan produk barunya “Dagun Racer” pada tahun 2000.
Kemudian dilanjutkan dengan tipe “Mini 4WD Pro” yang perkenalkan pada tahun
2005, tipe ini merupakan tipe yang tercepat. Pada tipe “Pro” ini mesin
menggunakan tipe double shaft dan diletakan ditengah untuk menggerakan roda
depan dan belakang. Kemudian baterai diletakan di samping mesin, sehingga
tingkat keseimbangan mini 4WD tipe “Pro” ini diklaim lebih baik . Kemudian tipe
terakhir mini 4WD yang diproduksi oleh Tamiya adalah “Mini 4WD Rev” yang
diperkenalkan pada tahun 2012 sekaligus untuk memperingati 30 Tahun lahirnya
Mini 4WD.
Sejak tahun 2006 Jepang mengadakan kejuaraan tingkat nasional mini
4WD yang diadakan di Spring, Summer dan Autum pada tiap tahunnya. Dan pada
tahun 2012 mobil balap mainan min 4WD ini populer di banyak negara termasuk
Amerika Serikat, Kanada, Rusia, Jerman Dan India.
Guinness Book of World Records mencatat lintasan atau track
terpanjang untuk mini 4WD ada di jepang pada okotber 2012 dengan panjang 523,61
meter. Kemudian rekor tersebut dilakahkan oleh thailand pada maret 2011 dengan
panjang track 1074,5 meter di Centrall World Mall yang disponsori oleh
Panasonic pada kejuaraan mini 4WD tersebut.
Merakit Mobil Mini
4WD
Mobil Mini 4 WD dapat
dibeli di toko-toko hobi atau online. Beberapa produsen Mini 4WD tidak termasuk motor listrik yang
diperlukan untuk berfungsinya mobil.
Mobil dapat didukung oleh baterai AA, termasuk baterai isi ulang. Kerangka
tubuh yang memiliki bumper depan memanjang ke samping untuk memegang rol untuk
trek. Sebuah bumper plastik opsional untuk giling datang untuk bagian belakang
tubuh, beberapa desain chassis memiliki penempatan rol kapal pertengahan. Untuk
4WD (four-wheel drive), model tradisional memiliki batang baling-baling
pendorong kedua as roda depan dan belakang, seperti untuk Mini 4WD PRO seri,
motor terletak di pusat kekuasaan sasis bagian depan dan roda belakang. Paket
perakitan biasanya datang dengan minyak untuk roda gigi. Meskipun konsep
chassis untuk 4WD Mini tetap sama untuk model seri, tubuh yang dapat dibuat
dari plastik keras atau lembut, polivinil karbonat transparan (PVC) untuk edisi
khusus atau terbatas, yang melekat dengan menangkap-jenis mengunci di bagian
belakang mobil, membedakan satu model dari yang lain, selain itu, sayap pada
tubuh plastik memungkinkan untuk meningkatkan downforce dan stabilitas.
Upgrade Mini 4WD
Sebuah Mini 4WD yang baru dibeli tidak pada kondisi mesin yang optimal, dan harus ditingkatkan agar
dapat Berkompetisi dalam kontes balap. Tamiya, adalah salah satu perusahaan
yang menawarkan banyak upgrade untuk meningkatkan kecepatan, stabilitas, dan
daya tahan. Berat juga tersedia untuk menyeimbangkan. Setiap penambahan harus
menjaga kecepatan dan massa mobil kecil sesuai dengan satu sama lain, sehingga
gravitasi akan membatalkan momentum dan ketidakseimbangan kendaraan, dan
mencegah kecelakaan pada kurva jalur/track.
Meskipun bagian tubuh Mini 4WD tidak seharusnya
ditingkatkan, ada beberapa kasus di mana pembalap dipangkas bagian tubuh untuk
memungkinkan aerodinamika yang lebih baik. Hal ini juga sama dengan pengaturan
ras Filipina.
Motor
Untuk kecepatan lebih cepat, motor yang lebih baik harus
dibeli dan ditingkatkan. Hal ini dapat dilakukan dengan menggabungkan bagian
internal (yaitu magnet) motor yang berbeda atau menambahkan magnet buatan
sendiri atau rotor.
Ada tiga spesifikasi yang mencirikan semua motor: RPM,
torsi, dan konsumsi daya. RPM adalah
kecepatan motor menyediakan, dan torsi kekuatannya.. Lebih tinggi RPM berarti
kecepatan maksimum lebih tinggi, torsi tinggi memberikan lebih percepatan dan
memungkinkan mobil untuk lebih menahan kesulitan mendaki lereng atau berjalan melalui bergantian.
Mobil mini harus memiliki minimal dua set roda gigi dalam
paket perakitan untuk motor untuk berputar pada. Berbagai jenis gigi memiliki
rasio yang berbeda dari putaran dari motor dan roda, dan mereka termasuk
"Super Speed" (3,5:1), "Kecepatan Tinggi" (4:1),
"Speed" (4.2:1), "Normal "(5:1), dan" Special
"(rasio bervariasi tetapi biasanya 6.4:1). Semakin tinggi rasio, baik
tingkat percepatan dan torsi, menurunkan rasio, baik kecepatan maksimum .
Ban dan Roda
Disarankan bahwa, di antara roda yang berbeda tersedia, yang
kompatibel harus mempertahankan ukuran yang sama seperti yang dari paket
perakitan. Kecil diameternya, lebih stabil itu, sebagai mobil pusat gravitasi
diturunkan. Meskipun seseorang dapat dengan mudah berasumsi bahwa roda yang
lebih besar sesuai mobil yang lebih cepat yang terbaik, ini sama sekali tidak
terjadi. Roda yang besar untuk mobil dengan gear ratio tinggi (yaitu
"05:01") dan motorik lemah, roda kecil untuk mobil dengan gear ratio
rendah dan motor yang kuat roda yang lebih luas memungkinkan untuk stabilitas
lebih tetapi menderita dari gesekan, dan,. dengan demikian, mempercepat
hilangnya, roda tipis dimaksudkan untuk kecepatan, tapi mobil bisa rentan
terhadap membalik keluar jalur.
Ada empat jenis roda yang berbeda:. Plastik normal, satu
arah, aluminium, dan kunci-kacang roda
plastik normal baik-baik saja, tetapi mereka tidak cukup untuk mobil yang sangat
cepat. Mereka menjadi longgar setelah melepaskan mereka dari poros beberapa
kali. Selain itu, mereka menciptakan daya tarik ketika mobil akan melalui
berubah mengunci dua roda pada kecepatan yang sama, karena roda bagian luar
harus menempuh jarak lebih dari roda bagian dalam. Roda satu arah memungkinkan
kedua sisi untuk menggulung lebih cepat dari yang lain ketika berputar, dan
meminimalkan kerugian kecepatan secara bergiliran. Roda aluminium yang sangat
ringan, kokoh, dan terbaik untuk kecepatan. Beberapa roda aluminium memiliki
langkah-langkah pencegahan terhadap kelonggaran dengan as roda. Namun, roda
kunci-kacang adalah yang terbaik dalam mencegah mobil dari kehilangan roda
selama berlari.
Ada empat jenis ban:. Karet, spons, Reston, dan
semi-pneumatik ban karet datang sebagai
standar dengan Mini 4WD, dan, meskipun memiliki pegangan yang baik, itu adalah
berat dan rentan terhadap tergelincir pada permukaan basah . Solusi alternatif untuk
ban karet adalah reston atau ban spons, yang sangat ringan, memiliki pegangan
yang baik, dan lebih cocok untuk hari hujan. Namun, ini mudah kotor.
Untuk pembalap di Filipina, modifikasi ban penting. Ini akan
memberikan mereka akurasi yang tinggi dengan kombinasi gigi dan kalibrasi
torsi. Pembalap Filipina dipangkas ban dengan akurasi dan pengukuran (22mm atau
lebih tinggi) untuk memungkinkan traksi yang lebih baik, balap downforce dan
terkendali. Roda jenis sirip dan roda
jenis piring adalah roda yang paling umum yang dipakai.
Bumper
Bumper biasanya ditemukan pada ujung-ujung mini 4WD. Upgrade
bumper menjadi kebutuhan, sebagian mobil mini 4WD dimodifikasi untuk berlari
lebih cepat dari apa yang kita biasanya lihat. Semakin cepat mobil, semakin
banyak mobil turun memaksa kebutuhan untuk melawan penurunan stabilitas. Sasis +
kombinasi bumper memang memiliki kecenderungan untuk membungkuk, menyebabkan
rol untuk berjalan pada sudut dan dapat membuat mini 4WD terbang saja.
Aluminium, fiberglass, atau pelat serat karbon biasanya dipasang sebagai
upgrade after market untuk mencegah hal ini terjadi.
Kebanyakan piring Upgrade setelah pasar biasanya lebih lebar
dari bumper saham, dan mereka memfasilitasi instalasi "sisi ekstensi"
piring yang membuat profil depan mini 4WD bahkan lebih luas.
Roller dan Kategori Balap
Roller adalah roda yang bertumpu pada kedua ujung bumper dan
meluncur dinding tentu saja mini mobil. Hal ini memungkinkan mobil untuk
mengubah arah dan menjaga stabilitas. Rol konvensional akan melakukannya dengan
baik pada mobil dengan kecepatan rata-rata, namun, pada mobil lebih cepat,
aluminium atau bola-bantalan rol harus dibeli untuk memperoleh downforce
tambahan dan stabilitas. Rol ini tidak miring di sudut sebagai rol plastik
konvensional, dan, karena itu, memiliki kesempatan yang lebih baik dalam
mencegah mobil terlempar dari track/jalur. Roller memiliki bantalan bola-bola
logam kecil disekitar cincin internal roller berputar, dalam rangka untuk
meminimalkan gesekan. Beberapa roller terdiri dari dua rol pada tiang-satu di
dasar dan lainnya di atas-, sehingga mereka mungkin menawarkan stabilitas terbaik.
Ada tiga jenis pengaturan rol. Yang pertama adalah di mana semua rol yang sama
ukuran, dan ini adalah untuk track/jalur lurus. Pengaturan kedua, di mana rol
besar ditempatkan di depan, kurang stabil ketika berjalan melalui sudut, tetapi
kerugian kecepatan meminimalkan, susunan ketiga, di mana rol kecil diletakkan
di depan, lebih stabil ketika berjalan melalui sudut tapi mobil lebih rentan
untuk mempercepat kerugian karena mendorong ke dinding.
Di Filipina, ada 3 jenis balap kategori ini mini kecil. A. )Teknis
- mobil terbatas untuk menggunakan Torsi dan motor Atom, biasanya tanpa
aluminium dan serat bala bantuan. B.) Kecepatan Teknis - desain mobil dan
modifikasi didasarkan dari balapan teknis Jepang. C.) Drag Racing - pemain
menggunakan kombinasi Tamiya, Auldey dan AC bagian untuk memberikan pengaturan
secepat mungkin.
Digitoys menjual Mobil mini 4WD dan sparepartnya secara
terpisah, segera kunjungi toko kami untuk melihat-lihat koleksi mobil mini 4 wd kami dan sparepartnya atau
jika anda di luar kota dapat memesan melalui telpon atau sms.
Sumber : Wikipedia
0 comments:
Post a Comment