Copyright © DIGITOYS
Design by Dzignine
Wednesday, July 3, 2013

MOBIL MINI 4 WD

Mobil Mini 4 WD merupakan mobil balap mainan dengan skala 1:32 yang terbuat dari bahan plastik, menggunakan sumber energi dari 2 buah baterai AA dan menggunakan motor listrik DC sebagai penggeraknya . Mobil balap mainan Mini 4WD  ini  berjalan tanpa dikendalikan oleh remote  control  pada lintasan khusus, oleh karena itu pada sisi mobil Mini 4WD dilengkapi  dengan roler  untuk menjaga mini 4WD agar tidak  keluar  lintasan  dan  untuk memperlancar  jalannya  mobil  mini  4WD  di  lintasan.  Contoh Mini 4WD yang ada  dipasaran dapat  dilihat  pada gambar mini 4WD  berikut.


Contoh Bentuk Mini 4WD






Sejarah Mini 4WD

Mini 4WD pertama kali dibuat oleh perusahaan jepang Tamiya pada tahun 1982 dengan berbagai tipe mobil balap mainan. Sejak saat itu mobil balap mainan (Mini 4WD) ini berkembang ke seluruh dunia dan menjadi hobby bagi masyarakat di dunia, oleh karena itu mobil balap mainan mini 4WD ini sering juga disebut dengan istilah “TAMIYA”.
Selain Tamiya ada beberapa perusahaan lain yang ikut memproduksi mobil balap mainan mini 4WD seperti Tokyo Marui, Kyosho, Academy, Auldey, Okamy, Gokey, HJH, Twink, AA dan Aoda. Dengan banyaknya perusahaan yang ikut memproduksi mobil mini 4WD ini maka semakin banyak merk yang beredar di pasaran. Kebanyakan dari produksi perusahaan-perusahaan selain tamya ini adalah membuat replika dari mini 4WD buatan TAMIYA. Replika atau cloning mobi mini 4WD buatan perusahaan selain Tamiya ini menjadi alternatif pilihan bagi para Hobies mini 4WD karena harga yang jauh lebih terjangkau dari mini 4WD dengan merk Tamiya. Terutama bagi para penggemar mini 4WD dari Philipina, Indonesia, Malaysia, Itali dan Hongkong.
Untuk menambah popularitas mobil balap mainan mini 4WD ini Tamiya membuat film animasi tentang mobil mini 4WD melalui perusahaan film dijepang untuk ditayangkan di televisi. Yang pertama film tentang mini 4WD ini adalah Dash Yonkuro pada tahun 1989 oleh Zaurus Tokuda, kemudian Bakusō Kyōdai Let’s & Go!! pada tahun 1996 dilanjutkan dengan Bakusou Kyoudai Let’s & Go WGP dilanjutkan lagi dengan film Bakusou Kyoudai Let’s & Go MAX dan film terakhir adalah Let’s & Go!! Tamiya.
Sejak 1997 mobil balap mainan mini 4WD ini tersedia di USA dan beberapa toko mainan memasang track untuk mini 4WD. Dimulai dengan balapan mini 4WD oleh Tamiya  untuk tipe Super, Fully Cowled, Aero dan Mighty. Kemudian Tamiya menghentikan produksi mini 4WD tipe tersebut seiring dengan film Let’s & Go! Max karena model yang statis atau tidak ada perkembangan. Untuk tetap mejaga kelangsungan event “Great Japan Cup” yang sempat terhenti pada tahun 1999, maka Tamiya memperkenalkan produk barunya “Dagun Racer” pada tahun 2000. Kemudian dilanjutkan dengan tipe “Mini 4WD Pro” yang perkenalkan pada tahun 2005, tipe ini merupakan tipe yang tercepat. Pada tipe “Pro” ini mesin menggunakan tipe double shaft dan diletakan ditengah untuk menggerakan roda depan dan belakang. Kemudian baterai diletakan di samping mesin, sehingga tingkat keseimbangan mini 4WD tipe “Pro” ini diklaim lebih baik . Kemudian tipe terakhir mini 4WD yang diproduksi oleh Tamiya adalah “Mini 4WD Rev” yang diperkenalkan pada tahun 2012 sekaligus untuk memperingati 30 Tahun lahirnya Mini 4WD.
Sejak tahun 2006 Jepang mengadakan kejuaraan tingkat nasional mini 4WD yang diadakan di Spring, Summer dan Autum pada tiap tahunnya. Dan pada tahun 2012 mobil balap mainan min 4WD ini populer di banyak negara termasuk Amerika Serikat, Kanada, Rusia, Jerman Dan India.
Guinness Book of World Records mencatat lintasan atau track terpanjang untuk mini 4WD ada di jepang pada okotber 2012 dengan panjang 523,61 meter. Kemudian rekor tersebut dilakahkan oleh thailand pada maret 2011 dengan panjang track 1074,5 meter di Centrall World Mall yang disponsori oleh Panasonic pada kejuaraan mini 4WD tersebut.


Merakit Mobil Mini 4WD
Mobil Mini  4 WD dapat dibeli di toko-toko hobi atau online. Beberapa produsen Mini  4WD tidak termasuk motor listrik yang diperlukan untuk  berfungsinya mobil. Mobil dapat didukung oleh baterai AA, termasuk baterai isi ulang. Kerangka tubuh yang memiliki bumper depan memanjang ke samping untuk memegang rol untuk trek. Sebuah bumper plastik opsional untuk giling datang untuk bagian belakang tubuh, beberapa desain chassis memiliki penempatan rol kapal pertengahan. Untuk 4WD (four-wheel drive), model tradisional memiliki batang baling-baling pendorong kedua as roda depan dan belakang, seperti untuk Mini 4WD PRO seri, motor terletak di pusat kekuasaan sasis bagian depan dan roda belakang. Paket perakitan biasanya datang dengan minyak untuk roda gigi. Meskipun konsep chassis untuk 4WD Mini tetap sama untuk model seri, tubuh yang dapat dibuat dari plastik keras atau lembut, polivinil karbonat transparan (PVC) untuk edisi khusus atau terbatas, yang melekat dengan menangkap-jenis mengunci di bagian belakang mobil, membedakan satu model dari yang lain, selain itu, sayap pada tubuh plastik memungkinkan untuk meningkatkan downforce dan stabilitas.


Upgrade Mini 4WD
Sebuah Mini 4WD yang baru dibeli tidak pada kondisi mesin  yang optimal, dan harus ditingkatkan agar dapat Berkompetisi dalam kontes balap. Tamiya, adalah salah satu perusahaan yang menawarkan banyak upgrade untuk meningkatkan kecepatan, stabilitas, dan daya tahan. Berat juga tersedia untuk menyeimbangkan. Setiap penambahan harus menjaga kecepatan dan massa mobil kecil sesuai dengan satu sama lain, sehingga gravitasi akan membatalkan momentum dan ketidakseimbangan kendaraan, dan mencegah kecelakaan pada kurva jalur/track.
Meskipun bagian tubuh Mini 4WD tidak seharusnya ditingkatkan, ada beberapa kasus di mana pembalap dipangkas bagian tubuh untuk memungkinkan aerodinamika yang lebih baik. Hal ini juga sama dengan pengaturan ras Filipina.

Motor
Untuk kecepatan lebih cepat, motor yang lebih baik harus dibeli dan ditingkatkan. Hal ini dapat dilakukan dengan menggabungkan bagian internal (yaitu magnet) motor yang berbeda atau menambahkan magnet buatan sendiri atau rotor.
Ada tiga spesifikasi yang mencirikan semua motor: RPM, torsi, dan konsumsi daya.  RPM adalah kecepatan motor menyediakan, dan torsi kekuatannya.. Lebih tinggi RPM berarti kecepatan maksimum lebih tinggi, torsi tinggi memberikan lebih percepatan dan memungkinkan mobil untuk lebih menahan kesulitan mendaki  lereng atau berjalan melalui bergantian.
Mobil mini harus memiliki minimal dua set roda gigi dalam paket perakitan untuk motor untuk berputar pada. Berbagai jenis gigi memiliki rasio yang berbeda dari putaran dari motor dan roda, dan mereka termasuk "Super Speed" (3,5:1), "Kecepatan Tinggi" (4:1), "Speed" (4.2:1), "Normal "(5:1), dan" Special "(rasio bervariasi tetapi biasanya 6.4:1). Semakin tinggi rasio, baik tingkat percepatan dan torsi, menurunkan rasio, baik kecepatan maksimum .

Ban dan Roda
Disarankan bahwa, di antara roda yang berbeda tersedia, yang kompatibel harus mempertahankan ukuran yang sama seperti yang dari paket perakitan. Kecil diameternya, lebih stabil itu, sebagai mobil pusat gravitasi diturunkan. Meskipun seseorang dapat dengan mudah berasumsi bahwa roda yang lebih besar sesuai mobil yang lebih cepat yang terbaik, ini sama sekali tidak terjadi. Roda yang besar untuk mobil dengan gear ratio tinggi (yaitu "05:01") dan motorik lemah, roda kecil untuk mobil dengan gear ratio rendah dan motor yang kuat roda yang lebih luas memungkinkan untuk stabilitas lebih tetapi menderita dari gesekan, dan,. dengan demikian, mempercepat hilangnya, roda tipis dimaksudkan untuk kecepatan, tapi mobil bisa rentan terhadap membalik keluar jalur.
Ada empat jenis roda yang berbeda:. Plastik normal, satu arah, aluminium, dan kunci-kacang  roda plastik normal baik-baik saja, tetapi mereka tidak cukup untuk mobil yang sangat cepat. Mereka menjadi longgar setelah melepaskan mereka dari poros beberapa kali. Selain itu, mereka menciptakan daya tarik ketika mobil akan melalui berubah mengunci dua roda pada kecepatan yang sama, karena roda bagian luar harus menempuh jarak lebih dari roda bagian dalam. Roda satu arah memungkinkan kedua sisi untuk menggulung lebih cepat dari yang lain ketika berputar, dan meminimalkan kerugian kecepatan secara bergiliran. Roda aluminium yang sangat ringan, kokoh, dan terbaik untuk kecepatan. Beberapa roda aluminium memiliki langkah-langkah pencegahan terhadap kelonggaran dengan as roda. Namun, roda kunci-kacang adalah yang terbaik dalam mencegah mobil dari kehilangan roda selama berlari.
Ada empat jenis ban:. Karet, spons, Reston, dan semi-pneumatik  ban karet datang sebagai standar dengan Mini 4WD, dan, meskipun memiliki pegangan yang baik, itu adalah berat dan rentan terhadap tergelincir pada permukaan basah . Solusi alternatif untuk ban karet adalah reston atau ban spons, yang sangat ringan, memiliki pegangan yang baik, dan lebih cocok untuk hari hujan. Namun, ini mudah kotor.
Untuk pembalap di  Filipina, modifikasi ban penting. Ini akan memberikan mereka akurasi yang tinggi dengan kombinasi gigi dan kalibrasi torsi. Pembalap Filipina dipangkas ban dengan akurasi dan pengukuran (22mm atau lebih tinggi) untuk memungkinkan traksi yang lebih baik, balap downforce dan terkendali.  Roda jenis sirip dan roda jenis piring adalah roda yang paling umum yang dipakai.

Bumper
Bumper biasanya ditemukan pada ujung-ujung mini 4WD. Upgrade bumper menjadi kebutuhan, sebagian mobil mini 4WD dimodifikasi untuk berlari lebih cepat dari apa yang kita biasanya lihat. Semakin cepat mobil, semakin banyak mobil turun memaksa kebutuhan untuk melawan penurunan stabilitas. Sasis + kombinasi bumper memang memiliki kecenderungan untuk membungkuk, menyebabkan rol untuk berjalan pada sudut dan dapat membuat mini 4WD terbang saja. Aluminium, fiberglass, atau pelat serat karbon biasanya dipasang sebagai upgrade after market untuk mencegah hal ini terjadi.
Kebanyakan piring Upgrade setelah pasar biasanya lebih lebar dari bumper saham, dan mereka memfasilitasi instalasi "sisi ekstensi" piring yang membuat profil depan mini 4WD bahkan lebih luas.

Roller dan Kategori  Balap
Roller adalah roda yang bertumpu pada kedua ujung bumper dan meluncur dinding tentu saja mini mobil. Hal ini memungkinkan mobil untuk mengubah arah dan menjaga stabilitas. Rol konvensional akan melakukannya dengan baik pada mobil dengan kecepatan rata-rata, namun, pada mobil lebih cepat, aluminium atau bola-bantalan rol harus dibeli untuk memperoleh downforce tambahan dan stabilitas. Rol ini tidak miring di sudut sebagai rol plastik konvensional, dan, karena itu, memiliki kesempatan yang lebih baik dalam mencegah mobil terlempar dari track/jalur. Roller memiliki bantalan bola-bola logam kecil  disekitar cincin internal  roller berputar, dalam rangka untuk meminimalkan gesekan. Beberapa roller terdiri dari dua rol pada tiang-satu di dasar dan lainnya di atas-, sehingga mereka mungkin menawarkan stabilitas terbaik. Ada tiga jenis pengaturan rol. Yang pertama adalah di mana semua rol yang sama ukuran, dan ini adalah untuk track/jalur lurus. Pengaturan kedua, di mana rol besar ditempatkan di depan, kurang stabil ketika berjalan melalui sudut, tetapi kerugian kecepatan meminimalkan, susunan ketiga, di mana rol kecil diletakkan di depan, lebih stabil ketika berjalan melalui sudut tapi mobil lebih rentan untuk mempercepat kerugian karena mendorong ke dinding.

Di Filipina, ada 3 jenis balap kategori ini mini kecil. A. )Teknis - mobil terbatas untuk menggunakan Torsi dan motor Atom, biasanya tanpa aluminium dan serat bala bantuan. B.) Kecepatan Teknis - desain mobil dan modifikasi didasarkan dari balapan teknis Jepang. C.) Drag Racing - pemain menggunakan kombinasi Tamiya, Auldey dan AC bagian untuk memberikan pengaturan secepat mungkin.


Digitoys menjual Mobil mini 4WD dan sparepartnya secara terpisah, segera kunjungi toko kami untuk melihat-lihat koleksi  mobil mini 4 wd kami dan sparepartnya atau jika anda di luar kota dapat memesan melalui telpon atau sms.

Sumber : Wikipedia

0 comments:

Post a Comment