Copyright © DIGITOYS
Design by Dzignine
Wednesday, July 3, 2013

TAMIYA SPEED

Kategori tamiya speed di indonesia ini merupakan kelas yang banyak peminatnya. Desain mobil tamiya untuk kelas speed juga memiliki dinamika perubahan dari tiap klasifikasinya. Pada kelas speed ini mobil mini 4wd dimodifikasi sedemikan rupa sehingga memiliki kecepatan maksimum dan mampu melewati lintasan atau track tamiya lurus maupun tikungan. Pada kelas speed ini desain mobil tamiya juga mengalami perubahan yang significant dari bentuk aslinya. Perubahan atau modifikasi pada kelas speed ini terletak pada penggunaan roler utama menjadi 8 buah dan roda penggerak belakang saja dengan transmisi gir langsung, kemudian roda depan juag diganti menggunakan roda kecil dan pemasangan bemper sebagai penguat chasis agar mampu bertahan pada laju mobil tamiya pada kecepatan tinggi.
Dinamika modifikasi tamiya untuk kelas speed ini mengikuti standart klasifikasi kejuaraan yang ada. Di indonesia dikenal beberapa klasifikasi untuk kelas speed, diantaranya kelas FFA (Free For ALL), kelas TWT, kelas Sanyo 700 CC dan kelas Alkaline. Pembagian atau pengklasifikasian tamiya speed ini berdasarkan baterai yang digunakan. Pada kelas FFA boleh menggunakan baterai tipe AA merk dan kapasitas berapapun, kemudian kelas TWT merupakankelas speed yang menggunakan baterai standart pasaran seperti ABC biru, panasonic dan lainnya. Kemudian untuk klasifikasi Sanyo 700CC menggunakan baterai sanyo dengan kapasitas 700 mAH kemudian kelas Alkaline menggunakan batreai alkaline. Sebenarnya masihada lagi kelas tamiya speed yang lain seperti kelas HW 800, kelas VMP 800 dan lain sebagainya.
Bentuk modifikasi mobil tamiya untuk kelas speed ini dimulai dengan model Cicak, Tank kemudian Badak Buntung. Penamaan model modifikasi mobil speed ini diambil dari bentuk bemper penguat yang digunakan. Penamaan bemper penguat pada kelas speed ini dinamakanberdasarkan bentuk dari penguat pada mobil tamiya kelas speed tersebut. Misal Pada tipe cicak, dinamakan bemper cicak karena pada saat terpasang lengkap, maka bentuk mobil tamiya speed ini menyerupai cicak begitu juga penamaan untuk tipe tank dan badak buntung. Gambar bentuk penguat atau bemper pada kelas speed ini dapat dilihat pada gambar berikut.

Model Tamiya Speed Tipe Cicak

Tamiya Speed Cicak,bemper speed cicak,bemper cicak,tamiya cicak
Tamiya Speed Cicak, sumber : image.google.com

Model Tamiya Speed Tipe Tank

Tamiya Speed Tank,bemper tank,speed tank,tamiya speed tank
Tamiya Speed Tank, sumber : image.google.com

Model Tamiya Speed Tipe Badak Buntung

Tamiya Speed Badak Buntung,speed badak buntung,bemper badak buntung,tamiya speed,bemper speed
Tamiya Speed Badak Buntung, sumber :image.google.com
Kami sebagai penghobi tamiya yang masih pemula tidak mengetahui siapa penemu model bemper penguat pada kelas speed ini. Yang jelas model bemper penguat pada kelas speed pada gambar diatas adalah hasil kreatifitas para penggemar mini 4WD di Indonesia. Bahkan kreatifitas para penggemar mini 4WD di Indonesia pada kelas tamiya speed ini dicontoh oleh penggemar mini 4WD dari negara lain.


Sumber

0 comments:

Post a Comment