Copyright © DIGITOYS
Design by Dzignine
Friday, July 19, 2013

MERAWAT BATERAI

Merawat baterai tamiya dapat dilakukan dengan charger seperti powerex, pada artikel ini cara merawat baterai dilakukan menggunakan charger powerex MHC 9000. Baterai tamiya yang akan digunakan dalam perlombaan balab mobil mini 4wd sebisa mungkin dirawat dahulu sebelum dipakai. Fungsi perawatan baterai tamiya ini adalah untuk membangkitkan sel-sel baterai agar siap di isi sehingga dapat di isi sampai kapasitas maksimal baterai dan mampu memberikan arus maksimal (drain current yang maksimal) pada saat digunakan untuk perlombaan tamiya. Cara merawat baterai sebelum digunakan dalam perlombaan tamiya dapat menggunakan mode break-in, refresh & analyze dan cycle pada charger powerex MHC 9000. Pada intinya semua fungsi perawatan baterai pada charger powerex MHC 9000 diatas sama, yang membedakan adalah pola atau metode seting yang dapat diterapkan pada tiap mode tersebut.
Merawat Baterai Dengan Powerex
Powerex MHC 9000


Merawat Baterai Baru Atau Lama Tidak Digunakan Dengan Powerex MHC 9000. Untuk merawat baterai yang masih baruatau yang lama tidak digunakan sebaiknya menggunakan mode break-in pada powerex MHC 9000. Mode break-in ini berfungsi atau dapat digunakan untuk membangkitkan dan menata ulang struktur sel-sel baterai sehingga siap diberikan muatan secara maksimal. Untuk seting pada mode break-in ini tinggal di seting kapasitas baterai yang akan dirawat, misalnya kita set 800 mAH. Maka dengan seting tersebut pada mode breakin kana merawat baterai sampai diperoleh kapasitas minimal baterai 800 mAH. Perlu di ingat jangan memaksakan seting kapasitas mode breakin yang jauh dari nominal kapasitas yang tertera pada baterai, sehingga dapat merusak baterai pada saat perawatan dengan mode break-in yang diakibatkan panas berlebihan pada baterai. Hal ini disebabkan karena powerex dengan mode breakin tidak akan berhenti melakukan proses charge hingga kapasitas terpenuhi, kadang akan dipaksa done oleh sistem powerex karena terjadi over heating (panas berlebih) yang terdeteksi oleh sensor panas pada baterai.

Baterai yang harus dirawat dengan baik adalah baterai rechargerable jenis NICD, hal ini karena baterai jenis NICD dapat mengalami memori effect. Sehingga kapasitas baterai jenis NICD ini dapat berkurang dan kemampuan mengalirkan arus akan terhambat karena meningkatnya resistansi internal baterai yang disebabkan terjadinya memori effect pada baterai tersebut. Merk baterai seperti Sanyo 700, HW dan VMP 800 merupakan salah satu baterai dengan jenis NICD sehingga diperlukan proses perawatan baterai yang benar.

Kategori baterai yang sebaiknya dirawat dengan mode break-in melalui powerex MHC 9000 ini adalah baterai yangbarubuka dari bungkusnya atau baterai yang lama tidak digunakan, misalnya 2 atau 3 bulan tidak digunakan. Dengan kondisi baterai yang seperti itu mode yang tepat untuk merawat baterai adalah mode break-in.




0 comments:

Post a Comment