Copyright © DIGITOYS
Design by Dzignine
Saturday, July 13, 2013

CHARGER TAMIYA

Charger tamiya merupakan peralatan yang wajib dimiliki oleh penggemar atau hobies mini 4wd. Charger yang dapat digunakan ada beberapa jenis. Para penggemar mini 4wd atau tamiya pada umumnya memiliki 2 jenis charger, yaitu charger untuk merawat baterai tamiya dan charger untuk meningkatkan tegangan baterai (charger bom). Pada saat lomba kedua charger ini diperlukan semua, tepat beberapa hari sebelum lomba baterai yang digunakan harus dirawat dahulu kemudian pada saat lomba baterai tersebut di charge dengan arus rendah kemudian tepat sebelum race berlansung baterai tersebut di charge menggunakan charger tamiya arus besar (charger bom).
Charger pada dasarnya berfungsi untuk mengisi baterai tamiya, akan tetapi para penggemar tamiya atau mini 4wd memerlukan juga charger tamiya yang dapat digunakan untuk merawat baterai agar performa baterai menjadi maksimal. Charger yang digunakan untukmerawat baterai oleh penggemar mini 4wd atau tamiya yang populer di Indonesia adalah charger baterai merk powerex tipe MHC 9000. Charger ini dapat digunakan untuk merawat baterai tamiya dengan beberapa metode perawatan baterai (Break In, Refres & Analyze, dan Cycle). Secara detil mode perawatan ini akan kami bahas pada artikel selanjutnya. Sebenarnya ada beberapa charger merk lain yang dapat digunakan untuk merawat baterai seperti merk Turnigy, Imax, Hobbyking dan masih banyak lagi. Berikut adalah foto charger tamiya yang populer untuk merawat baterai dan digunakan oleh para hobiest mini 4wd atau tamiya di Indonesia.


Contoh Charger Tamiya Untuk Merawat Baterai

Charger Tamiya BUild Up, Sumber : image.google.com
Gambar diatas memperlihatkan beberapa merk charger tamiya pabrikan yang sering digunakan para penggemar mini 4wd untuk merawat baterai sebelum lomba tamiya dilaksanakan. Keputusan menggunakan merk charger tamiya tersebut sepenuhnya ditentukan oleh hobiest mini 4wd dan dilihat dari kemampuan charger tersebut dalam merawat baterai tamiya. Hal ini akan di bahaw pada artikel perawatan baterai selanjutnya.


Contoh Charger Tamiya Untuk Bom Baterai

Charger Tamiya Bom Lengkap

Charger bom merupakan charger yang berfungsi untuk meningkatkan tegangan baterai, pada umumnya charger bom ini merupakan charger rakitan. Charger bom yang paling murah dan memiliki kualitas pengisian yang bagus dapat dibuat menggunakan power supply komputer, seperti terlihat pada contoh charger tamiya diatas.

0 comments:

Post a Comment