Copyright © DIGITOYS
Design by Dzignine
Wednesday, July 17, 2013

BATERAI TAMIYA

Baterai tamiya yang populer digunakan pada kejuaraan tamiya atau mini 4wd di indonesia ada beberapa merk. Penggunaan merk dan kapasitas baterai tamiya pada suatu kejuaraan balap tamiya atau mini 4wd menjadi suatu standart dan digunakan sebagai kelas kejuaraan tersebut. Misalnya baterai yang digunakan pada suatu kejuaraan tamiya kelas nascar atau speed adalah merk sanyo dengan kapasitas 700 mAH, maka kejuaraaan tersebut dinamakan “Kejuaraan Nascar /Speed Kelas Sanyo 700 CC”. Kapasitas batre yang sebenarnya dalam satuan mAH ini sering di istilahkan CC dalam penyebutannya dalam suatu kejuaraan, sebgai contoh “Kejuaraan Nascar Flyover Kelas HW 700 CC” maka batereai yang digunakan adalah baterai merk HW dengan kapasitas 700 mAH.
Baterai tamiya yang digunakan untuk kejuaraan atau lomba tamiya pada umumnya adalah baterai yang rechargerable atau dapat di isi ulang. Penggunaan baterai jenis ini bukan hanya karena dapat di isi ulang akan tetapi karena batre rechargerable ini memiliki klasifikasi High Drain sehingga dapat melewatkan arus baterai secara maksimal, sehingga mobil dapat melaju dengan maksimal.
Jenis – jenis baterai tamiya yang pernah digunakan dalam kejuaraan tamiya di Indonesia diantaranya jenis NIMH dan NICD. Baterai tamiya jenis tersbut adalah merk Intelect, Sanyo, Auldey, HW dan terakhir WMP. Baterai -baterai ini digunakan untuk kejuaraan balap tamiya karena memiliki spesifikasi khusus sehingga dapat memberikan kecepatan yang maksimal. Bahkan dalam kejuaraan kelas speed di indonesia digunkana juga baterai kelas TWT dan alkaline yang memiliki tenaga yang kurang, sehingga modifikasi mobil speed harus extrim.

Contoh Baterai Tamiya


Baterai Tamiya, sumber : image.google.com


Pada gambar diatas adalah coontoh baterai rechargerable yang pernah dipergunakan pada kejuaraan tamiya di Indonesia. Setiap merk dan kapasitas batre memiliki keunggualn tersendiri sehingga dipilih sebagai kelas kejuaraan tamiya. Pemilihan baterai ini juga dipilih karena memiliki harga yang terjangkau bagi semua penggemar tamiya.

Pada kejuaraan tamiya kelas speed atau nascar ada kelas FFA (Free For All) merk dan kapasitas baterai yang digunakan bebas sehingga pada kelas ini merk batere tamiya yang di pilih oleh para penggemar tamiya diantaranya merl Auldey dengan kapasitas 1300 mAH dan 1500 mAH.  Berikut sedikit tulisan tentang batereai yang digunakan pada kejuaraan tamiya, pada artikel selanjutnya akan diulas tentang cara perawatan baterai tamiya.



0 comments:

Post a Comment